Wisata Kuliner Di Jakarta Selatan, Berburu Rasa Otentik Di Setiap Sudut Kota

Wisata Kuliner Di Jakarta Selatan, Berburu Rasa Otentik Di Setiap Sudut Kota

Adambeane Industries – Jakarta Selatan adalah salah satu wilayah administrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Dengan luas wilayahnya sekitar 141 kilometer persegi, tempat ini memiliki banyak wisata kuliner. Jakarta Selatan juga dikenal dengan sebutan Jaksel, menjadi tempat perkembangan budaya anak muda yang penuh warna. Pertemuan berbagai budaya modern di sini terus berkembang, mulai dari seni jalanan hingga seni digital. Fashion anak muda Jakarta Selatan seringkali menggabungkan budaya hip-hop dan gaya hidup urban lainnya. Dari sisi musik, tempat ini dikenal sebagai tempat berkembangnya musik indie dan underground. Banyak bar di daerah Kemang dan Cilandak yang mengadakan pertunjukan musik dari berbagai genre modern.

Di sini kamu bisa banyak menemukan wisata kuliner yang menjadi surga kuliner bagi pecinta masakan. Di sana kamu bisa datang ke berbagai tempat makan enak dan legendaris, dari mulai street food, café , hingga restoran. Berbagai pilihan makanan yang bisa kamu nikmati mulai dari sate, seafood, dan makanan lainnya yang menggugah selera. Berikut kami akan memberi rekomendasi beberapa tempat wisata kuliner yang wajib kamu coba di Jakarta Selatan.

1. Soto Betawi Haji Husen

Yang pertama, ada Soto Betawi Haji Husen, kuliner khas betawi ini adalah kuliner legendaris yang berdiri sejak tahun 70-an. Tempat wisata kuliner ini sudah terkenal dengan menu soto Betawinya yang lezat. Kuah santannya yang gurih, kaya akan rasa daging sapi dan jeroan yang empuk, serta tambahan kentang, tomat, dan emping membuat Soto Betawi Haji Husen selalu ramai dikunjungi penggemar kuliner.

Harga Soto Betawi Haji Husen biasanya berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000 per porsi, tergantung pada pilihan daging atau jeroan yang dipilih. Namun, harga ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan restoran dan inflasi bahan baku. Untuk informasi terbaru, kamu bisa mengecek langsung ke lokasi atau melihat ulasan dari pelanggan terbaru. Jam buka wisata kuliner ini biasanya buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.05. Alamat wisata kuliner ini terletak di Jalan Padang Panjang, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

2. Sate Taichan Senayan

Tempat wisata kuliner ini adalah salah satu tempat sate taichan yang paling terkenal di Jakarta. Menyajikan sate ayam yang lezat dengan daging ayam yang dibakar tanpa bumbu kecap atau kacang, sate ini disajikan dengan sambal pedas yang menjadi ciri khasnya. Kamu bisa mengatur tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera, membuatnya digemari pada pecita makanan pedas. Rasanya yang segar, pedas, dan gurih, dipadukan dengan lontong atau nasi putih, menjadikan sate ini pilihan favorit di malam hari.

Harga Sate Taichan Senayan sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per porsi. Karena harga yang reltif murah, banyak pelanggan yang datang setiap harinya, terutama pada akhir pekan. Menjadikannya salah satu wisata kuliner wajib bagi penggemar sate taichan di jakarta. Alamat wisata kuliner ini berada di sekitar Jalan Asia Afrika, di dekat Pintu 1 Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

3. Seafood 68 Santa

Wisata kuliner ini adalah surganya pecinta makanan laut, Seafood 68 Santa terkenal dengan hidangan lautnya yang segar dan lezat. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan laut, seperti cumi-cumi, ikan, lobster, kepiting, kerang dan udang. Dengan berbagai pilihan saus yang tersedia, seperti saus padang, saus asam manis dan saus tiram. Tentunya akan membuat kamu merasakan kelezatan yang tiada tanding. Ramainya pembeli menjadikan tempat ini juga tidak kalah populer dengan tempat lainnya di Jakarta Selatan.

Harga makanan di tempat wisata kuliner ini cukup murah, dimulai dari Rp 100.000 sampai Rp 217.000 per porsi. Dengan harga yang terjangkau dan pilihan menu yang banyak, tempat wisata kuliner ini menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi. Berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Wolter Mongonsidi. Seafood 68 Santa buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 22.30 dan biasanya ramai pada saat akhir pekan. Jadi pastikan kamu kebagian tempat ya!

4. Gultik Bulungan

Tempat wisata kuliner ini berada di daerah Bulungan, Jakarta Selatan, merupakan salah satu wisata kuliner yang terkenal. Arti dari Gultik sendiri adalah (Gulai Tikungan), kuliner ini sudah populer sejak tahun 80’an. Tempat ini menawarkan hidangan gulai sapi dengan porsi kecil dan harga yang sangat murah. Meskipun porsinya kecil, kuah yang encer dan kaya rempah menjadi kenikmatan tersendiri. Tempat ini juga menyediakan menu sate-satean seperti, paru, usus, dan telur puyuh, yang membuat menu semakin bervariasi.

Harga untuk makanan ini sangat murah, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per porsi. Kamu sudah bisa menikmati gulai yang sangat enak dan kaya rempah dengan harga yang murah. Wisata kuliner ini buka setiap hari di jam 17.00 hingga dini hari, dan ramai pengunjung pada malam hari. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk kamu coba, Gultik Bulungan menjadi salah satu tempat untuk nongkrong malam hari di daerah Blok M.

5. Restoran Italia Basilico

Buat kamu yang suka dengan hidangan Italia, kamu boleh mampir ke tempat yang satu ini, Basilico menyajikan berbagai hidangan otentik Italia seperti pasta, pizza, dan risotto. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, sudah pastinya enak dan bikin ketagihan. Tempat wisata kuliner ini memiliki beberapa menu favorit termasuk Spaghetti Alle Vongole, Porchetta, dan Bianca Rama Pizza. Tempat ini memiliki desain yang mirip dengan wine bar, tentunya bagus untuk kebutuhan insta story kamu! Serta tempatnya yang nyaman membuat kamu semakin betah untuk berlama-lama sambil menikmati hidangan.

Harga di tempat wisata kuliner cukup murah dan tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Yang tentunya sangat cocok untuk anak muda, serta memberikan pengalaman makan yang terjangkau namun berkualitas. Cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati hidangan Italia tanpa harus keluar banyak uang. Lokasi tepatnya restoran ini ada di Gandaria City Mall, dan jam buka nya mengikuti jam operasional mall tersebut. Yaitu dimulai dari pukul 10.00 sampai pukul 22.00. Mari nikmati hidangan lezat ini bersama teman, keluarga, atau orang terkasih!

6. Ketoprak Ciragil

Tempat ini wisata kuliner ini cukup terkenal di Jakarta Selatan, yang membuatnya terkenal adalah bumbu kacangnya yang lezat dan menggugah selera. Bahan baku yang digunakan untuk membuat bumbu kacang tidak memakai kacang biasa, yaitu memakai kacang mete dan kacang tuban. Hal tersebut yang membuat ketoprak ini berbeda dari yang lain, dan membuatnya jauh lebih enak dan lebih gurih. Ada berbabagai pilihan topping seperti telur dadar, telur pindang dan telur mata sapi yang membuat makan semakin nikmat.

Harga untuk ketoprak ini sangat murah, hanya Rp 25.000 per porsi. Karena harganya yang murah dan rasanya yang enak, tempat ini selalu di padati pembeli. Ketoprak Ciragil buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 18.00. Alamat wisata kuliner ini terletak di Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus. Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk sarapan sebelum berangkat kerja, atau makan bersama teman, dan keluarga!

Baca juga: Wisata Sejarah Di Pulau Jawa, Menelusuri Jejak Warisan Purba